Jakata, DN-II Selain mengikuti pameran promosi seperti saat ini yang diselenggarakan oleh Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) pada Pameran Indonesia Internasional Furniture Expo (IFEX tahun 2025) di Jakrta Internasional Expo (JIExpo- Kemayoran โ Jakrta) untuk menjaring market yang potensial, tentunya peran Inovasi dan Digitalisasi untuk Pertumbuhan Ekspor Furniture dan Kerajinan sangatlah penting untuk menarik konsumen untuk memberi produk kita,
hal tersebut sudah banyak para ahli marketing melakukan edukasi pembelajaran terhadap para pengusaha untuk merebut pasar yang jumlahnya tidak terbatas, perlu strategi dan market intelijent mensiasati agar market eksis dan berkelanjutan.
Strategi tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara pada Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2025, yang akan berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 6-9 Maret 2025. Menampilkan pembicara dari latar belakang domestik dan internasional, seminar ini akan membahas berbagai topik menarik terkait tren inovasi dan digitalisasi bagi pelaku industri furnitur, kerajinan, dan dekorasi rumah untuk menembus meraih dan merebut pasar local dan global. Dalam Seminar hari pertama ini dipandu oleh Bambang Wijaya selaku Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan UKM dan Kewirausahaan dengan moderator Dr.Maxensius Tri Sambodo Peneliti Senior di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan menampilkan narasumber yaitu 1. Bayu Fajar Nugroho selaku Direktur IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) dengan materi Memanfaatkan Inovasi dan Digitalisasi untuk Pertumbuhan Ekspor Furniture dan Kerajinan, Industri Furniture dan kerajinan hanya satu kata kunci yaitu Orientasi ekspor.
Bahan baku yang khas dan melimpah. Kekhasan teknik desain dan produksi, Adapun jumlah 1.375 pengusaha besar dan menengah, 126.138 Industri Kecil dan Makro dengan 927.871 menyerap tenaga kerja local dengan 1,2 % kontribusi terhadap PDB Industri Pengolahan dan Migas memerlukan sentuhan teknologi inovasi digital dari perencanaan desain, proses produksi dan pemasaran. 2. Mr.Vaibhav Bhandari,Direktur Portofolio INDEXPLUS,
Nuernberg Messe India Membuka Akses Pasar India: Apa yang Perlu Diketahui Eksportir Furnitur dan Kerajinan menyampai 3 segmen pasar Industri mebel di India yaitu Home Furniture , Office Furniture dan Contact and education Furniture memiliki karakteristik yang berbeda-beda untuk disiasati. 3. Norman Adriono selaku Direktur Livinode, dengan materi Digitalisasi Ekspor dengan mosaiknusantara.com menyampaikan sudah ada Kerjasama dengan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dengan menggunakan teknologi informasi digital, membantu membangun rumah pemasaran yang handal dan terpecaya, sedangkan pembicara 4. Steven Wangsa Wirahardja, Business Development Manager and Channel Manager Alibaba.com Indonesia dengan materi Transformasi Digital: Memanfaatkan Platform E-Commerce untuk Memperluas Jangkauan Global diperlukan pengusaha mebel dan kerajinan untuk segera melek inovasi dan digital terutama market online yang digagas oleh Alibaba.com sebagaimana kata prinsip yang disampaikan oleh Jeck Ma Digitalisasi adalah kunci bagi peruhaan untuk masa depan dan Penggunaan data akan menentukan ukuran pabrik dibandingkan penggunaan listrik
Ada banyak sekali strategi digital marketing yang dapat digunakan. diantaranya beberapa strategi yang umum digunakan untuk mengembangkan bisnis di era digital yaitu Search Engine Optimization (SEO) strategi untuk memperkenalkan suatu bisnis merupakan sebuah strategi digital marketing untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari secara organic, strategi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membuat konten yang berkualitas, menggunakan kata kunci yang relevan, dan membangun backlink atau tautan eksternal yang berasal dari website domain pihak ketiga, kemudian Search Engine Marketing (SEM) menjadi cara ampuh untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web kita. Strategi digital marketing yang satu ini melibatkan penggunaan iklan berbayar untuk muncul di hasil mesin pencari.
Ketika kita beriklan di mesin pencari, iklan Anda akan muncul di bagian atas halaman hasil pencarian, tepatnya di atas hasil pencarian organik.
Jika menggunakan strategi digital marketing ini, Anda harus membayar setiap kali seseorang mengklik iklan yang Anda buat.
Selanjutnya Social Media Marketing hal demikian seiring dengan semakin banyaknya pengguna sosial media, maka itu bisa menjadi peluang untuk mendapatkan audiens lebih luas lagi. Sosial media marketing merupakan bentuk promosi menggunakan media sosial. Kemudian Email Marketing cukup efektif untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dan mendorongnya untuk membeli produk atau layanan kita, juga Content marketing merupakan strategi yang berfokus pada pembuatan konten berupa tulisan, video, infografis, dan konten berkualitas lainnya untuk menarik perhatian dan mempertahankan audiens.
Selanjutnya Abdul Sobur mengharapkan semua pengusaha mebel dan kerajinan dapat memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh HIMKI melalui Kerjasama marketplace di mosaik.com dan ikut menjadi member market online lainnya untuk meraih pasar global dengan target tahun 2030 melebihi US $ 5 juta dan ini merupakan Kerjasama semua pihak untuk mewujudkannya.
Redaksi : DADAN RAMADHAN / Wartawan Nasional
Eksplorasi konten lain dari
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.
